Selasa, 21 Januari 2014

Aku Sama Tara

SEWAKTU kelas 5 SD gue jatuh cinta sama Tara.

Tara adalah cewek manis yang gue temui ketika main sepak bola di lapangan dekat rumah. Ketika gue main sepak bola di lapangan, Tara selalu ngeliat gue nangkring di bawah mistar gawang. Gue memang biasa jadi kiper kalo main bola. Kiper, atau anggap aja jongos yang suka lari-lari mungut bola kalo ada tendangan lawan melenceng.
Ya, jari mereka emang jempol semua.

Cara yang gue lakukan untuk PDKT sama Tara terkesan wajar banget untuk semua kaum cowok. Dan gue percaya, pada zaman gue, cara ini terbukti ampuh. Karena banyak temen gue yang pacarnya cakep-cakep. Itu semua karena cara PDKT mereka sama.

Cara itu adalah; pura-pura alim.


Waktu itu bulan puasa. Tara yang selalu berangkat TPA (Tempat Pelatihan Al-qur’an) di Masjid. Ngebuat gue bersemangat ikutan berangkat TPA. Gue sempat cerita ke Kakak Sepupu gue Luthfi yang juga teman dekatnya Tara. Dan ketika gue bilang ke Luhfi, ‘Luth, aku suka sama Tara. Tapi aku bingung gimana cara ngungkapinnya?’

Luthfi jawab, ‘Gampang... Tulis aja di kertas. Buat surat cinta.’ Luthfi memberikan saran.

‘Mampus. Tulisanku kan jelek?!’

‘Iya aku tau.’ Luthfi melengos.

‘Terus?’ kata gue, gondokan. ‘Udah tahu jelek, masih aja disuruh.’

‘Biar aku aja yang bikin.’

‘Oke.’ Gue menuruti.

Sehari kemudian, gue balik ke rumah Luthfi. Gue bertanya, ‘Gimana, Luth? Udah jadi suratnya?’

‘Udah. Ini.’ Luthfi memberikan gue sepucuk surat yang sudah dia lipat rapi di dalam sebuah amplop bergambar Hello Kitty. Di saat itu gue ngerasa beruntung memiliki Kakak sepupu seperti dia.

Setelah gue baca-baca. Dan gue lihat-lihat lagi. Gue kaget. ‘Loh ini tulisan siapa? Kok bukan tulisan kamu?’ Gue bingung, karena tulisan di surat ini bukan tulisan Luthfi.

‘Itu tulisan, Mbak Lely,’ kata Luthfi, keles.

‘Hah?!’ Gue mangap.

‘Udah tenang aja. Cuma Mbak Lely aja yang tahu.’

‘Yaiyalah. Orang dia yang nulis.’ Gue sewot. ‘Yaudah, tolong kamu kasih suratnya ke Tara pas dia TPA. Kalo aku di tolak. Suruh dia simpan suratnya. Itu juga bukan tulisanku.’

Luthfi mengangguk.

Sore harinya, setelah pulang dari TPA. Gue ngerasa gak akan terjadi hal yang aneh-aneh. Ketika di jalan, sewaktu gue mengobrol sama temen gue Edo. Tiba-tiba Tara menarik baju gue. Gue diem. Edo ikutan berhenti. Gue udah baca ayat Kursi. Gue takut Tara kerasukan kuntilanduk! Hantu jenis baru yang suka make handuk ketika gentayangan.

‘Aku tunggu disini ya,’ kata Tara. Jangan-jangan, surat itu beneran Luthfi kasih ke Tara. ‘Berangkat taraweh, nanti bareng aku ya...’ Tara melihat gue dengan malu-malu. Dia melanjutkan. “Dha sayang.’ Setengah mangap, dengkul gue mau copot ngedenger Tara manggil gue sayang.

Tara lalu pergi meninggalkan gue dengan tersenyum. Gue bengong aja gak jelas.


Akhirnya, pada malam itu... gue engga berangkat sholat taraweh. Bukan karena gue takut ketemu pacar gue Tara. Tapi badan gue langsung panas dingin. Badan gue langsung demam tau Tara bilang ‘sayang’ di depan muka gue yang ingusan. Gue langsung bilang ke Luthfi, supaya Tara gak nungguin gue. Selama tujuh hari tujuh malam. Gue demam panas dingin. Mungkin ini penyakit yang orang sebut: ‘JatuhCintaneMonyeteKamprete.’ Sebuah penyakit anak remaja yang cukup berbahaya. Gara-gara cinta pertama dan cinta monyet gue Tara. Gue jadi sakit.

Saat gue pacaran sama Tara. Gue jadi makin semangat untuk berangkat TPA. Andai saja ini terus di lakukan. Suatu saat nanti, gue pasti akan berubah menjadi seorang Ustad yang sekarang udah nongol di televisi. Dan punya acara sendiri dengan penonton bayaran pastinya.

Tara juga pacar terlama yang mau menerima kebodohan gue. Sayang, semua itu cuma di gantung. Hubungan antara gue sama dia gak jelas bentuknya. Gimana jalannya. Gue gak tahu. Intinya, gue sendiri gak pernah putus sama dia. Kalo gue ketemu sama dia dan gue tanya ke dia. ‘Apa kita masih pacaran?’ Tara akan jawab, ‘Kita kan belum putus?’ Aneh memang, cinta monyet gue terlihat berbelit-belit dan rumit.

Seperti benang kusut yang terikat tidak rapi.

Sampai saat ini ada kenangan yang masih gue ingat. Dan bukan berati gue gak bisa move-on. Tapi kenangan itu gue simpan kalau sewaktu-waktu gue butuh untuk belajar. Sewaktu gue masih pacaran atau deket sama Tara (atau terserah kalian aja mau nganggep hubungan gue sama Tara itu apa). Tara selalu menonton gue kalo lagi main sepak bola. Waktu itu, hujan sedang deras-derasnya. Tara pernah bilang kalo dia takut sekali suara petir. Tapi karena gue sedang hujan-hujanan sambil main bola. Tara ikut keluar rumah dan ikut hujan-hujanan. Gue cuma tersenyum dan menyuruh dia untuk cepat-cepat berteduh. Karena gue engga mau kalau dia sampai sakit.

Gue adalah pacar (atau terserah kalian nganggep apa) yang pengertian.

Dari hati gue seneng. Dia mencoba untuk menyukai apa yang gue sukai. Gue suka sepak bola dan bulutangkis. Tara selalu ngedukung gue. Gue suka hujan. Tara pun belajar suka, walaupun dia takut sama petir. Gue suka Tara, Tara juga belajar suka sama gue dengan ikhlas. Dengan apa adanya bukan ada apanya. Gue suka hubungan dengan ikatan, tapi sayang... Gue rasa Tara nggak suka ada hubungan dengan ikatan... Tara lebih suka berteman di banding pacaran.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar